Selasa, 19 Januari 2016

Hal Yang Harus Diperhatikan Sa'at Memutuskan Jurusan Kuliah

Bagi kalian sahabat ACR yang sudah duduk dikelas tiga SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat yang mungkin masih bingung memilih jurusan kuliah atau universitas yang mau kalian masuki. yang menjadi sebuah tanda tanya besar adalah apakah Jurusan yang nantinya kita ambil sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita atau tidak? Jika hanya ikut teman-teman tanpa memikirkan bakat dan cita-cita pasti hasilnya NOL besar. Agar tak menyesal di kemudian hari lantaran salah memilih perguruan tinggi pada kesempatan kali ini saya membagikan sebuah tulisan mengenai tips memilih jurusan kuliah. Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai:

 1.MinatInilah hal yang pertama kali harus kamu perhatikan saat memilih perguruan tinggi. Pilihlah perguruan tinggi dan program studi yang benar-benar sesuai dengan keinginan atau minat kamu. Kenyamanan dan rasa enjoy dalam menjalani kuliah merupakan faktor penting di balik kesuksesan menjadi mahasiswa. Mereka yang berhasil melewati masa-masa perkuliahan dengan baik biasanya adalah mereka yang memang benar-benar meminati program studi yang digelutinya. Jangan karna gak mau dibilang anak durhaka jadi mengikuti semua keinginan orang tua yang belum tentu itu adalah minat kita.

2. Evaluasi DiriMulailah dengan mengevaluasi hobi, prestasi dan sifat kamu untuk mengerti bidang manakah yang cocok untuk kamu. Melihat sesuatu dengan kebaruan sikap ini menjadikan kita semakin bijak dalam memilih jurusan kita nanti.

3.Reputasi Perguruan TinggiSaat ini begitu banyak perguruan tinggi yang menjanjikan hal-hal manis. Jangan ragu untuk mencari tahu reputasi dan kredibilitas perguruan tinggi tersebut. Kualitas sebuah perguruan tinggi berkaitan dengan kualitas dosen, fasilitas perkuliahan, sistem perkuliahan, dan kualitas lulusannya. PTN tidak diragukan lagi kualitasnya. Selain UI, PTN di Indonesia yang terkenal berkualitas baik diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Tapi jangan terlalu memaksa untuk masuk di PTN yang jauh kalian juga bisa memilih PTN yang dekat tapi reputasinya baik contoh Lampung ada Unila, Sumsel ada Unsri, dll



4.Bertanya Pada Alumni

Apabila kamu tidak yakin tentang jurusan yang kamu suka, kamu bisa menghubungi alumni atau mahasiswa yang sedang mempelajari tentang jurusan tersebut. Kamu dapat bertanya tentang hal-hal spesifik yang dipelajari, pengalaman mereka dalam mengerjakan tugas dan poin pro dan kontra dari jurusan tersebut.





5.Lokasi Dan Biaya
Faktor kondisi keuangan keluarga harus tetap menjadi hal yang diperhatikan sebelum kita menentukan perguruan tinggi mana yang akan kita masuki. Lokasi juga menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi. Jika kalian memilih perguruan tinggi yang berlokasi di luar kota, itu artinya kalian membutuhkan biaya tambahan selain biaya kuliah, yakni biaya tempat tinggal (kost), makan, dan kebutuhan hidup lainnya.



Jika kalian Sudah memutuskan pilihan maka jangan pernah ragu, apa lagi yang kalian tunggu mulailah dari sekarang sebelum terlambat. Selamat menjadi mahasiswa sahabat ACR.

0 komentar:

Posting Komentar